Bahaya Untuk Otak, Inilah Sisi Buruk Mengkonsumsi Karbohidrat Terlalu Banyak!

Sudah merupakan ciri khas masyarakat tanah air Indonesia bahwa makanan karbohidrat menjadi hidangan paling utama setiap harinya bagi siapa saja yaitu apalagi kalau bukan nasi yang selalu kita makan guys. Tentunya kita semua tidak akan bisa kenyang dan menilai sebuah makanan itu nikmat sebelum dicampurkan dulu dengan nasi terlebih dahulu benar tidak?

Tetapi harus kamu tahu juga bahwa ternyata makanan karbohidrat bisa merugikan kesehatan kita juga loh, dan ini tergantung apakah kita memang mengkonsumsinya secara berlebihan sehingga justru berbahaya bagi kesehatan tubuh kita khususnya pada bagian otak manusia, karena makanan karbohidrat seperti nasi ini dinilai sangat kaya akan nutrisi namun bila berlebihan beberapa dampak buruk berikut inilah yang akan terjadi, jadi simak berikut ini ya!

1. Menyebabkan masalah pada dinding arteri di dalam tubuh

Bila mendengar dinding arteri tentunya harus tahu bahwa disana juga terdapat aliran darah, dan akibat karbohidrat yang berlebihan tersebut membuat dinding arteri akan menebal untuk menampung jumlah yang masuk tersebut tetapi aliran darah menjadi korbannya sehingga menjadi tidak lancar dan memicu penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke.

2. Makanan karbohidrat juga memiliki lemak

Lemak memang terdiri dari yang baik dan jahat, juga disetiap makanan karbohidrat pastinya memiliki kandungan tersebut jadi bayangkan apabila pasokan makanan karbohidrat kita terlalu berlebihan maka juga sangat memungkinkan terjadinya penumpukan lemak yang tidak sehat dan membuat tubuh mengalami kenaikan berat badan atau mengalami gangguan pencernaan serta obesitas. Biasanya jenis makanan gorengan atau fast food paling mudah menyebabkan hal ini mudah terjadi sehingga kesehatan tubuh menjadi terganggu, jadi sebaiknya kurangi makanan jenis ini ya.

3. Karbohidrat tinggi menyebabkan naiknya gula darah

Karbohidrat juga diteliti dapat memicu meningkatnya kadar gula dalam tubuh siapa saja sehingga ini juga menyebabkan produksi insulin terhenti yang berakhir menjadi penyakit diabetes tipe kedua. Insulin ini dalam dunia kesehatan dikenal berfungsi untuk memproses glukosa menjadi cadangan energi bagi tubuh dan sejatinya tidak mengancam kesehatan tubuh dan merupakan proses yang baik, tetapi akan berbeda bila kinerjanya sudah berhenti akibat karbohidrat berlebihan yang masuk ke dalam tubuh loh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *