3 Sayur Yang Lebih Baik Dikonsumsi Mentah Ketimbang Dimasak

3 Sayur Yang Lebih Baik Dikonsumsi Mentah Ketimbang Dimasak

Memiliki jenis makanan yang bergizi memang lebih baik, selain itu  cara mengolah makanan menggunakan cara yang tepat juga menjadi salah satu kunci dalam memaksimalkan nutrisi dan manfaat yang ada di dalamnya. Untuk beberapa makanan memiliki cara pengolahan yang lebih baik, menggoreng, merebus, memanggang, bahkan mengukus bisa membuat makanan tersebut memberikan nutrisi dan manfaat yang bisa di serap tubuh lebih mudah.

Bagi makanan-makanan tertentu, proses memasak yang di lakukan justru bisa mengurangi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut ini ada beberapa jenis bahan makanan yang sebaik yang di konsumsi dalam keadaan mentah agar mendapatkan nutrisi dan manfaat yang ada.

1. Kale

Kale memiliki kandungan senyawa bernama glukosinolat. Saat senyawa ini bercampur dengan enzim myrosinase, glukosinolat ini akan menjadi senyawa yang berbeda lagi dan memiliki kemampuan yang baik untuk melawan penyakit dalam tubuh.

Namun, sebuah penelitian membuktikan bahwa senyawa myrosinase dalam kale bisa di non-aktifkan oleh panas. Sehingga sayur kale yang di masak akan kehilangan manfaatnya untuk melawan penyakit. Jadi lebih baik lagi jika sayur kale ini di konsumsi dalam keadaan mentah agar kamu mendapatkan nutrisi dan manfaatnya lebih maksimal.

2. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayur yang memiliki kandungan phytochemical sulforaphane yang berfungsi untuk mencegah penyakit kanker, jantung, depresi, peradangan, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli, menemukan bahwa tubuh akan menyerap sulforaphane lebih baik saat mengkonsumsi brokoli dalam keadaan segar dan belum di masak.

Proses memasak brokoli yang menggunakan microwave, menggoreng, atau pun merebus bisa menurunkan kandungan vitamin C yang terdapat pada brokoli itu sendiri.

3. Rumput laut

Rumput laut yang dalam keadaan segar memiliki kandungan air 80 sampai 90 persen di dalamnya, menurut para ahli. Rumput laut adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan klorofil terbaik dan banyak.

Rumput laut, utamanya nori,  mengandung vitamin dan mineral yang sangat tinggi terlebih lagi sangat mudah larut dalam air menjadikannya mudah untuk di serap oleh tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *