Lampu Senter Atau Flashlight Sebabkan Gangguan Kesehatan, Apa Benar?

Mungkin secara logika judul diatas sangat tidak masuk akal bukan? bagaimana bisa lampu senter atau flashlight yang sering digunakan untuk memancar ruangan atau suasana yang gelap ternyata bisa menyebabkan gangguan kesehatan tertentu, tapi pernahkah kamu merasa mata sering sekali tidak tahan melihat cahaya yang terang? ini mungkin saja sudah termasuk salah satu yang dimaksud lampu senter atau flashlight dapat menyebabkan gangguan kesehatan tertentu.

Sebenarnya bukan mengenai lampu senter atau sekedar flashlight saja tetapi harus kamu tahu bahwa ketika tidur dan ruanganmu yang gelap sebelumnya kemudian dinyalakan lampu diyakini dapat menyebabkan gangguan seperti susah tidur, atau merasa depresi maupun dapat beresiko terkena kanker loh. Memang benar ada banyak orang juga yang harus tidur dengan keadaan ruangan terang dengan lampu yang menyala karena ternyata dia memiliki rasa takut terhadap gelap, tapi menurut seorang ahli psikologi yaitu Colleen Carney menyebutkan bahwa lebih baik siapa saja membiasakan diri atau belajar untuk tidur dalam keadaan gelap tentunya secara perlahan sampai mau tertidur.

Harus kalian tahu bahwa cahaya selama ini sangat berkaitan erat dengan ritme tubuh saat terjaga atau ketika ingin tertidur dimana kamu pasti kenal bahwa ketika terang adalah waktunya beraktivitas, namun ketika gelap adalah saatnya istirahat dan disinilah mengapa selalu direkomendasikan untuk tidur dengan ruangan gelap agar tubuh mengenal dengan baik saatnya istirahat dan apabila dengan ruangan menyala justru tubuh akan mudah merasa terjaga sehingga dapat berujung depresi karena sulit untuk terlelap.

Tidur dalam keadaan terang juga sangat berpotensi terhadap berat tubuh seseorang menjadi mudah naik atau obesitas, karena sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Proceedings of the National Academy of Sciences jika sudah sulit tidur akibat ruangan terang maka ketika terjaga sangat sering seseorang melampiaskan dengan melakukan aktivitas mengemil sehingga jadwal makan perlahan menjadi berantakan, sedangkan jika kamu membiarkan ruangan terus gelap lebih sering orang-orang akan berusaha untuk tertidur saja dan malas beraktivitas lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *