Malas Bangun Cepat, Tidur Hingga Waktu Yang Lama Bisa Membahayakan Kesehatan Kamu Loh

Malas Bangun Cepat, Tidur Hingga Waktu Yang Lama Bisa Membahayakan Kesehatan Kamu Loh

Sampai saat ini, persepsi orang terhadap tidur yang cukup dan berkualitas adalah langkah yang baik dan penting dalam keseharian, baik untuk meningkatkan kesehatan hingga membantu tubuh untuk tetap bugar menjalani aktivitas  harian. Meski begitu, tidur dalam kurun waktu yang lama bukanlah hal yang baik.

Tidur untuk waktu yang lama dalam satu hari malah akan menimbulkan masalah yang tidak terduga dalam tubuh kita, menurut National Sleep Foundation, orang dewasa harus tidur minimal tujuh jam dan maksimal delapan jam dalam satu harinya.

Jika kamu tidur terlalu lama maka bisa menimbulkan masalah kesehatan. Berikut ini ada beberapa contoh masalah yang akan muncul pada tubuh kamu karena tidur terlalu lama.

1. Meningkatkan resiko obesitas

Penelitian menunjukan bahwa waktu tidur yang lebih lama dapat dikaitkan dengan perkembangan terjadinya obesitas dan diabetes. Meski kedua masalah itu tidak memiliki hubungan yang sederhana, namun teorinya, semakin banyak waktu yang di habiskan untuk tidur maka waktu untuk beraktivitas orang tersebut menjadi lebih sedikit. Dengan berkurangnya waktu untuk beraktivitas, jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh juga akan berkurang dan hal ini dapat memicu terjadinya peningkatan berat badan.

2. Mengganggu kesuburan

Sebuah penelitian yang melibatkan perempuan asal Korea yang sedang menjalani terapi fertilisasi in vitro membuktikan bahwa seorang perempuan yang memiliki waktu tidur baik yaitu tujuh sampai delapan jam dalam sehari akan memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa hamil.

Perempuan yang memiliki waktu tidur cukup memiliki tingkat keberhasilan untuk hamil paling tinggi yaitu 53% ketimbang perempuan yang tidur hanya kurang dari enam jam hanya 46% dan yang tidur dengan waktu yang lebih lama sekitar sembilan sampai sebelas jam 43%. Peneliti yang menjalankan studi tersebut mengatakan bahwa tidur di luar batas normal atau kurang bisa mempengaruhi hormon dan siklus sirkadian yang berpengaruh terhadap kesuburan.

3. Sulit berkonsentrasi

Kebiasaan tidur yang terlalu lama dan sudah terjadi terus menerus atau sudah menjadi kebiasaan bisa membuat otak menjadi menua lebih cepat dua tahun dan akibatnya kamu akan menjadi lebih sulit untuk berkonsentrasi serta sulit melakukan tugas sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *